[Korea Trip: Part 2] Lotte Mart dan Myeongdong, all about belanja

First day in Seoul

Hari pertama nyampe di Seoul, agenda kunjungan masih nyantai aja, alias badan masih remuk redam karena perjalanan lebih dari 24 jam. Kita baru landing di Incheon sekitar jam 10.00 dan kita baru nyampe penginapan sekitar jam 13.30. Lumayan lama juga perjalanan dari Incheon nyampe ke penginapan di sekitar Seoul Station. Sebenernya sih bisa lebih cepet, tapi jadi agak perlu waktu tambahan karena kita harus memahami transportasi publik disini, soal detail transportasi publik di Seoul besok aku ceritakan terpisah.

Setelah mandi dan makan siang, sorenya kita jalan kaki ke Lotte mart Seoul Station. Kesan pertama menikmati suasana sore kota Seoul, sejuk dengan suhu masih disekitar 19 derajat. Kalo suasana perkotaannya menurutku lebih mirip ke suasana Jakarta bagian Sudirman atau Kokas, tidak seperti bayanganku kalau bakalan lebih wow daripada Singapore.

Jalan sore
Trotoar disini pun ga bebas dari pedagang yang buka lapak, yang bikin pemandangannya jadi beda banget sama Jakarta ataupun Singapore adalah karena pohon-pohon disini daunnya lagi mulai menguning. Terus, sukanya dari ruang terbuka publik disini karena ada banyak burung dara yang bisa bergerak bebas tanpa takut sama pergerakan lalu lalang orang. Benar-benar memanjakan mata.

Lotte Mart Seoul Station
Di Lotte Mart, tujuan utama kita adalah belanja bahan makanan, karena selama di Seoul ini kita bakalan lebih banyak masak sendiri daripada jajan. Detail belanjaan dan perbekalan, serta seputar makan selama di Seoul nanti deh juga aku ceritain terpisah, biar lebih jelas.

Niat awal yang mau belanja bahan makanan, berubah saat masuk Lotte Mart. Kita malah lebih fokus ke produk yang bisa kita beli buat oleh-oleh, ada nori, honey butter almond, dll. Tanpa pikir panjang, keranjangin deh tuh belanjaan. Belanja di awal gini sebenernya adalah langkah gegabah sekaligus langkah aman. Gegabah karena baru hari pertama kita udah nimbun belanjaan, ga mikirin kalau masih harus pindah penginapan, kan bikin ribet bawaan. Nah, langkah amannya adalah ga perlu nyisihin uang karena oleh-oleh wajib udah kebeli. Jadi kalau kepingin belanja atau jajan-jajan pikiran udah aman.

Nyantai sore di halaman Lotte Mart [Dok. Pribadi/@umi_hapsari]

Myeongdong Street

Malemnya juga sama nih, waktu jalan ke Myeongdong, mata langsung kalap liat produk-produk Nature Republic dan sebangsanya. Tanpa pikir panjang, bungkus langsung. Mask sheet disini harga satunya 1.000 won kalau beli 10 dapat bonus 10, jadi jatuhnya cuma 500 won perlembar alias 6ribu rupiah. Kan murah banget tuh, kalau di Indonesia satunya bisa sampe 18ribu rupiah. Tapi udah diiket per 10an gitu ya... jadi ga bisa mix jenis yang mana. Jadi tipsnya kalau bareng temen janjian dulu beli iketan yang beda-beda, nanti di mix sendiri deh. Itu untuk mask sheet Nature Republik, kalau yang merk lainnya Tony Moly, Etude, atau innisfree, ya kurang lebihnya sama lah, harga bersaing.

Untungnya masih bisa menahan diri untuk belanja barang pernak-pernik oleh-oleh, khususnya yang khas Korea. Cuma sedikit tergoda buat beli magnet kulkas yang harganya 8.000 won isi 4, langsung terbesit skip dah oleh-oleh magnet kultas, ga mampu deh beli yang ampe tumpah-tumpah. Tapi akhirnya tetep beli 1 deh, dan abis itu esok harinya di Namdaemun nemu magnet yang super murah meriah, nyesek kan udah terlanjur beli di Myeongdong.

Pernak-pernik lain khas Korea untungnya ga beli di Myeongdong, karena pas hari terakhir kita ke Insadong dan dapetlah dengan harga miring dan lebih banyak macemnya yang unyu-unyu. Lalu, barulah aku bisa menyimpulkan, kalau Myeongdong bukanlan tempat pas buat nyari oleh-oleh khas Korea. Myeongdong itu buat nyari produk-produk brandid, seperti Zara, uniqlo, H&M, segala brand kosmetik, Asics Onitsuka Tiger titipannya Niha, dan tentunya Myeongdong tempat buat yang mau nikmatin food street di Seoul.



Kalau orang-orang ke Myeongdong sibuk belanja dan mencicipi foodstreet. Kita sih malah nikmatinya dengan foto-foto. Nyoba bikin foto jejak pergerakan orang, akhirnya "sedikit" berhasil setelah percobaan ke sekian-sekian.

Serunya dateng ke tempat yang baru tanpa banyak riset atau cari informasi terlebih dahulu, ya gini lah banyak hal-hal kecil yang membuat kita ternganga. Hal kecil yang sebenernya ga spesial banget tapi bikin kita jadi merasa dapet suasana baru, pengalaman yang selumnya tidak kita bayangkan. Seperti jalan kaki menyusuri jalanan di sekitar Lotte Mart ketemu sama burung-burung dara ataupun membelah keramaian di Myeongdong yang ternyata banyak Ahjussi yang nyapa kita dengan mengucapkan "selamat malam" ataupun "apa kabar" Tapi jeleknya kalau ga riset dulu, jadi belum paham nih dimana tempat yang pas buat tiap-tiap belanjaan yang mau kita cari.

Kalau aku sih, kalau waktunya ga sempit dan agak selo. Lebih seneng yang ga banyak riset dulu. Karena kalau kebanyakan riset, ibaratnya kita udah ngintip duluan, malah ga spesial. Kadang kita juga jadi membuat ekspektasi yang terlalu tinggi sehingga malah jadi kecewa kalo realitanya ga seindah ekspektasi. Tapi kalau waktunya sempit, ada baiknya riset terlebih dahulu sebanyak mungkin, jangan sampai waktu kita tersita karena hal-hal yang timbul akibat ketidaktahuan kita.

Comments

Popular posts from this blog

10 Alasan Pilih Kampung Prai Ijing sebagai Tujuan Wisata Budaya Sumba

11 Fakta Fulan Fehan, Padang Rumput Indah di Ujung Perbatasan NTT

Pantai Glagah: bukan karang tapi beton