[Korea Trip: Part 1] Jogja-Incheon, Penerbangan Murah yang Ga Murahan


KOREA SELATAN, sebuah negara yang sejak dulu jadi impian, jelas kalau aku ya karena korban drama korea. Meski bukan pecinta k-pop, bukan penggila kosmetik korea, apalagi barang-barang brandid korea, tapi aku suka aja liat drama korea. Kalau liat di drama suasana saat berjalan di pedestrian kota Seoul tatkala daun-daun berguguran, kok kayaknya syahdu gitu. Padahal sekarang udah jarang banget liat drakor, malah sekarang lebih tertarik ngikutin youtubenya Raffi Ahmad Nagita Slavina episode Rans keliling dunia (seperti cita-citaku). Meski demikian, entah kenapa korea tetap jadi salah satu negara 4 musim yang jadi impian buat dikunjungi.

Sampai dengan awal tahun 2019 ini, korea hanyalah sebatas dalam angan-angan. Sampai suatu hari, pasangan terracun jalan-jalan luar negeri (baca: sieta sani) posting kalau mereka dapet tiket CGK-ICN PP seharga 3,8 jt pakai SQ. Wow, aku sama umi langsung gencar hunting, dan dapetlah JOG-ICN seharga 5,1 jt PP pakai SQ juga. Walau lebih mahal dari tiket sieta sani tapi itu lebih murah lah daripada biaya yang bakal dikeluarkan jika kita harus terbang ke Jakarta dulu, kecuali kalau kita mau prihatin ke Jakartanya pakai KA Ekonomi, baru tuh lebih irit lewat Jakarta.

Kalau ada yang tanya "gimana tipsnya dapet tiket murah?" yang pertama pastinya adalah keberuntungan dan yang kedua adalah rajin ngecek, dan follow sosmed akun online ticketing, maskapai, ataupun temen yang suka share tiket murah, haha.. "Ngecek harga tiketnya dimana?" ya udah pastilah traveloka nomer satu lalu pastikan tiket.com apakah diskonnya lebih banyak atau tidak. Dua itu aja sih kalau menurutku, eh tapi jangan lupa cek web di airasia juga.

Tiket yang kita pilih itu transitnya di Changi cuma 50 menit aja. Agak was-was juga sih mana harus pindah dari Terminal 2 ke Terminal 3 pula, kalo transit di DPS atau T3 CGK gitu tiap belokannya juga udah hapal, nah ini nanti harus melotot lebar dulu setiap petunjuk arah di Changi yang super gede.

Adi Sucipto International Airport, Yogyakarta
Pas di ruang tunggu boarding Terminal B udah curiga nih, kok banyak banget pesawat latih yang take off dan landing. Dan bener aja dong, walau boarding tepat waktu tapi pesawat tidak bergerak, sampai pilot speech permohonan maaf. Ya udah pasrah ajah, toh connecting flight juga, ga kayak penerbangan kita ke Kupang yang super nekat itu.

Terminal B Adi Sutjipto International Airport

Changi International Airport, Singapore
Nyampe di Changi, nglirik jam, pas banget sama jam take off nya flight yg menuju ICN. Umi yang udah nyalain paket internet ngasih tau flight kita udah dipindah. Walau udah pasrah aja, tapi masih ada setitik harapan pas turun dari garbarata ada petugas yang teriak-teriak "transit Incheon transit Incheon" Kami pun segera menghampiri sang petugas, eh ternyata emang ngasih boarding baru untuk next flight sekitar 10 jam kemudian, dan kami juga dikasih hotel untuk nunggu sekalian dinnernya. Wah lumayan deh, kirain cuma bakal dapet nasi kotak aja seperti yang sudah-sudah, upsss 🤭

Kitapun memutuskan langsung ke hotel, sambil nunggu nanti waktu dinner sama mau jalan-jalan ke Jewel buat liat Rain vortex show. Di pikiranku ya hotelnya akan semacam ibis budget yang dibandara gitu lah, eh ternyata lumayan juga, ga kalah sama bintang 4 nya archipelago grub. Iseng cek harga di traveloka ternyata semalem di hotel itu seharga 3,4 jt rupiah, wah wah... kalau dihitung itu lebih mahal daripada tiket kita sekali jalan JOG-ICN.

Jewel Changi, Singapore
Selesai dinner, kurang 5 menit menuju jam 20.30 kita nyampe di Jewel, langsung buru-buru naik buat nyari tempat yang pas buat nonton show. Belum juga selesai pasang tripot, shownya udah mulai.

Suasana mendadak hening, semua mata tertuju pada rain vortex. Oh Singapore, kok kamu ga kehabisan ide untuk memanjakan pengunjung. Pertunjukan yang menawan, ga kalah cantiknya sama Gardens Rhapsodynya Gardens by The Bay. Walau cuma 5 menit tapi sukses membuat penonton tersihir.

Sepotong adegan Rain Vortex Show

Pertunjukan ini gratis lho, ga cuma untuk pengunjung di Bandara Changi. Tapi Jewel dapat diakses oleh semua pengunjung meski yang tidak ada jadwal terbang di Changi. Setiap harinya pertunjukan berlangsung setiap satu jam sekali antara jam 19.30 sampai 23.30.

Kami juga sempat menyaksikan pertunjukan kedua yaitu pertunjukan jam 21.30. Tetapi kali ini dari sudut yang berbeda yaitu dari bawah. Dan ternyata pertunjukannya berbeda dari yang sejam sebelumnya tadi. Meski tak semegah yang jam 20.30 tapi bener-bener hiburan deh. Ga apa-apa rada telat nyampe Incheon tapi terobati dengan bisa jelajahi Jewel dan menyaksikan rain vortex show.

Persis di depan Rain Vortex

Foto persis didepan rain vortex, ekspresi sambil menahan hembusan uap air dari cipratan rain vortex. Difotoin sama orang Banyumas yang mau balik ke Incheon, yang sedari keluar dari Terminal 2 nempelin kita kayak laler karena mungkin takut ilang atau nyasar di Changi.

On board, Singapore Airline
Selesai pertunjukan balik ke kamar hotel bentar dan lebih baik menunggu di depan gate, daripada ketiduran di kamar hotel. Penerbangan mulus berjalan sesuai rencana. Ini penerbangan pertama kita dengan pesawat wide body, dapetnya kursi paling depan. Meski kaki jadi lebih luas tapi kenapa aku lebih suka yang barisan tengah, menurutku lebih nyaman buat nyembunyiin tas dan kaki, dan juga layar tv lebih deket. Tapi ya udah lah ya, karena disini kan kita penumpang buangan dari flight sebelumnya, jadi ya ga bisa milih. Masih mending lah daripada dapet deket toilet atau pintu darurat yang kursinya ga bisa dimundurin. Toh malem juga, tinggal tidur doang, bangun-bangun pas waktunya sarapan.

Ngomong-ngomang soal makanan di pesawat. Pas dikasih menu kita langsung sontak kaget, karena ada menu pork di daftar menunya. Ngecek menu satunya, untung ga ada porknya, jadi mungkin bisa lah kita liat dulu. Pramugara udah mulai nawarin ke penumpang "pork or chicken?" sebelahnya umi pilih pork tuh. Nah pas giliran kita, pramugaranya ga ngasih pilihan, pake bahasa Melayu dia ngomong "saya ada bihun seafood, mau itu aja ya!" segera memahami maksudnya, kami pun langsung mengiyakan. Oh Singapore Airline, gimana kita ga makin cinta kalau kayak gini.

Incheon International Airport, South Korea
Singkat cerita, akhirnya kami nyampe di Incheon. Kalau delay dan ketinggalan pesawat yang macem gini sih, kita suka, wkwkwk...

Welcome to South Korea


Comments

Popular posts from this blog

10 Alasan Pilih Kampung Prai Ijing sebagai Tujuan Wisata Budaya Sumba

11 Fakta Fulan Fehan, Padang Rumput Indah di Ujung Perbatasan NTT

Pantai Glagah: bukan karang tapi beton